Sabtu, 17 Desember 2011

MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFFEKTIF

Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Bauran promosi adalah kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi. Komunikasi pemasaran terpadu adalah satu teknik yang mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu. Iklan adalan komuunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu yang dengan satu cara teridentifikasi di dalam satu pesan. Penempatan produk berarti memasukan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat.

Soal dan Jawaban
1. Apa yang dimaksud dengan promosi ? Promosi adalah usaha – usaha yang dilakukan para pemasar untuk menginformasikan dan mengingatkan orang – orang dalam pasar sasaran mengenai produk dan membujuk mereka untuk turut serta dalam suatu pertukaran
2. Apa saja empat alat promosi ? Empat alat promosi tradisional yang membentuk bauran promosi
A. Iklan
B. Penjualan Personal
C. Hubungan Masyarakat
D. Promosi Penjualan
3. Apa pentingnya infomersial ? Infomersial semakin bertambah penting karena menunjukkan produk saat sedang digunakan dan menampilkan testimonial untuk membantu untuk menjual barang dan jasa.
4. Apa yang dimaksud dengan Penjualan Personal ? Penjualan Personal adalah presentasi dan promosi tatap muka untuk barang dan jasa.
5. Sebutkan langkah proses penjualan ! Langkah – langkah proses penjualan adalah
A. Prospek dan Qualify
B. Pra Pendekatan
C. Pendekatan
D. Melakukan Presentasi
E. Menjawab Keberatan
F. Menutup Penjualan
G. Tindak Lanjut
6. Apa yang dimaksud dengan Hubungan Masyarakat ? Hubungan Masyarakat adalah fungsi untuk mengevaluasi sikap masyarakat mengubah kebijakan – kebijakan dan prosedur dalam merespon permintaan public dan melakukan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.
7. Apa saja langka utama dalam Humas ? Tiga Langkah Utama dalam Hubungan Masyarakat
A. Mendengarkan masyarakat, hubungan masyarakat diawali dengan riset pemasaran yang bagus
B. Mengembangkan kebijakan – kebijakan dan prosedur untuk kepentingan publik
C. Menginformasikan kepada orang – orang bahwa anda bersikap responsive terhadap kebutuhan mereka.
8. Apa yang dimaksud dengan Publisitas ? Publisitas adalah bagian bicara dari promosi penjualan, publisitas merupakan informasi yang didistribusikan media yang tidak dibayar dan dikendalikan oleh penjual.
9. Apa yang dimaksud dengan promosi ? Promosi penjualan member motivasi kepada orang – orang untuk membeli sekarang bukannya nanti.
10. Apa yang dimaksud dengan Viral Marketing ? Viral Marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal – hal positif di Internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh konsumsi untuk mengarahkan teman – temannya ke situs Web tertentu.

Infomersial adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Promosi interaktif yaitu promosi yang memungkinkan para pemasar untuk lebih dari sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadi melakukan dialog di mana penjual dan pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan. Penjualan pribadi adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka.
Proses penjualan terdiri atas tujuh langkah, yaitu :
1. Prospek dan kualifikasi
2. Pra pendekatan
3. Pendekatan
4. Melakukan presentasi
5. Menjawab keberatan
6. Menutup penjualan
7. Tindak lanjut
Hubungan masyarakat (humas) didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebuijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat.
Publisitas adalah informasi apapun mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual. Promosi penjualan adalah alat promosi yang menstimulus pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek. Sampling yaitu suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of Mouth adalah suatu alat promosi yang melibatkan orang-orang dengan memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli. Viral marketing istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat di mana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs web tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar