Rabu, 07 Maret 2012

Perbandingan SPSS dan EXCEL

Mengapa menggunakan paket analisis data seperti SPSS ketika Anda dapat menggunakan Excel? atau apa perbedaann memakai SPSS dengan excel? Salah satu pertanyaan pretest saya sebelum praktikum statistik dasar.. saya mencoba searching di google tapi masih banyak yang kurang lengkap. Dengan kata kunci SPSS vs excel.. hanya ada beberapa halaman berbahasa inggris yang cukup banyak perbandingannya.. yup.. jadi inilah hasilnya setelah saya translate.. semoga anda mengerti.he.. he..
Alasan utama anda lebih memilih SPSS antara lain :

• Akses mudah ke statistik deskriptif dan frekuensi: Benar. sementara Anda dapat melakukan descriptives di Excel menggunakan beberapa built-in fungsi dan analisis data tambahan, itu adalah jauh lebih mudah dan lebih cepat di SPSS.
• Lebih banyak jenis grafik & grafik: Benar, meskipun saya cenderung untuk mencari Excel lebih mudah untuk mengelola
• Lebih baik, lebih fleksibel tabel pivot Sortof benar. Itu, benar jika Anda memiliki SPSS Tables. Jika Anda tidak, maka menurut pendapat saya pivot tabel Excel lebih mudah untuk bekerja dengan. SPSS Tables, di sisi lain, sangat mudah digunakan dan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan Excel Pivot Tables.
• Full set uji statistik: Benar. Meskipun sudah pasti mungkin untuk menjalankan uji statistik di Microsoft Excel, mereka lebih sulit untuk mencari dan bekerja dengan dibandingkan dengan SPSS, di mana mereka cukup banyak datang "bebas" dengan setiap fungsi Anda jalankan.
• Mudah untuk menjalankan laporan serupa dan grafik untuk subset: Benar. Menggunakan "Split" fungsi dalam SPSS, maka relatif mudah untuk membuat tabel dan grafik untuk himpunan bagian tanpa melakukan kerja ekstra. Atau Anda dapat membuat sintaks (bahasa makro SPSS) yang memungkinkan Anda menggunakan kembali tabel dan kode Anda berulang-ulang.
• Label bukan kode dalam laporan Anda: Saya suka fitur ini. Hanya karena perangkat lunak survei Anda membuat Pria = 1 dan Wanita = 2 bukan berarti Anda ingin melihat banyak 1s dan 2s dalam laporan Anda. Dan sementara itu tidak sulit untuk menggunakan pencarian / ganti di Excel untuk mengubah semua 1s Anda untuk laki-laki dan 2s to Female, SPSS memungkinkan anda menyimpan nilai-nilai utuh.
• Hasil yang akurat ketika beberapa data yang hilang: Sortof benar. Untuk item ini, mereka menunjuk pada keuntungan yang anda peroleh dari menggunakan SPSS Analisis Nilai Hilang add-on modul (ekstra $ 800 atau lebih). Hal ini memberi tahu Anda apakah pertanyaan yang dilewati oleh responden akan berdampak analisis Anda, dan bahkan akan memperkirakan apa nilai-nilai ini seharusnya. Jelas Excel tidak dapat melakukan hal seperti itu, namun perlu diingat Anda perlu membeli modul tambahan untuk mendapatkannya bekerja.
• Membantu Anda melihat kesalahan entri data atau data yang tidak biasa poin: Tentu SPSS dapat membantu dengan yang satu ini, tapi saya rasa Anda bisa mendapatkan hasil jenis ini dengan mudah di Excel.
• Mudah impor fungsi: Saya tidak yakin bahwa saya sepenuhnya setuju dengan yang satu ini. Memang benar bahwa adalah mudah untuk membawa file teks. Dan mereka memberikan fungsionalitas untuk membawa ODBC database, termasuk spreadhsheets Excel, Access dan SPSS tabel database. Tetapi antarmuka untuk melakukan hal itu adalah sedikit funky dan pengalaman tidak bersih atau halus seperti halnya dengan Excel.
• Unlimited baris: titik ini menggambarkan bagaimana SPSS dapat menangani jumlah tidak terbatas baris sementara Excel hanya dapat menangani 65.000. Microsoft Excel 2007 dapat menangani baris unlimited juga, tapi pernyataan SPSS mungkin benar ketika artikel tersebut diterbitkan.
• Menggunakan SPSS menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas: Saya rasa yang benar-benar tergantung pada apa yang Anda coba lakukan. Ada banyak analisis yang saya temukan lebih mudah dilakukan di Excel. Tapi jelas jika Anda melakukan analisis statistik lebih mudah dan lebih cepat dalam SPSS.
• SPSS memudahkan untuk memahami hasil-hasil statistik. SPSS telah menambahkan banyak bantuan ekstra file dan tutorial yang menjelaskan bagaimana Anda dapat / harus menginterpretasikan banyak jargon statistik bahwa perangkat lunak meludah keluar. Excel jelas tidak.

Beberapa alasan mengapa anda masih melakukan banyak hal di Excel:

• Bagi kebanyakan orang, kurva belajar jauh kurang curam dengan Excel: Belajar SPSS awalnya pengalaman yang tidak menyenangkan. Memiliki banyak pilihan yang tidak masuk akal sampai setelah Anda sudah menghabiskan banyak waktu dengan program. Begitu Anda telah belajar perangkat lunak Anda akan kagum bahwa anda pernah hidup tanpa itu (atau beberapa paket analisis data lain) tapi sampai saat itu Anda akan menghabiskan banyak waktu memaki-maki itu.
• Ini mahal. Terutama jika Anda sudah memiliki Excel. Akan menghabiskan lebih dari $ 1.700 untuk mencari salinannya.
• Grafik lebih mudah untuk mengelola / kontrol di Excel: Menurut pendapat saya. Sementara SPSS memiliki banyak fitur mencatat rapi, mereka tidak seperti yang dinamis sebagai Excel's bagan fungsi - yaitu, saat membuat presentasi, saya sering harus kembali dan men-tweak diagram atau mengatur ulang data atau mengatur ulang bar. Dalam Excel, ini semudah mengedit spreadsheet yang mendasari, yang akan secara otomatis memperbarui Powerpoint. Dalam SPSS, Anda harus menciptakan grafik dan recopy ke dalam presentasi.
• Lebih fleksibel menggunakan fungsi: Excel memiliki lebih banyak fungsi dari SPSS dan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam cara Anda menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar