Sabtu, 17 Desember 2011

MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI

Pengertian Motivasi
Salah satu aspek memanfaatkan pegawai ialah pemberian motivasi (daya perangsang) kepada pegawai, dengan istilah populer sekarang pemberian kegairahan bekerja kepada pegawai. Telah dibatasi bahwa memanfaatkan pegawai yang memberi manfaat kepada perusahaan. Ini juga berarti bahwa setiap pegawai yang memberi kemungkinan bermanfaat ke dalam perusahaan, diusahakan oleh pimimpin agar kemungkinan itu menjadi kenyataan. Usaha untuk merealisasi kemungkinan tersebut ialah dengan jalan memberikan motivasi. Motivasi ini dimaksudkan untuk memberikan daya perangsang kepada pegawai yang bersangkutan agar pegawai tersebut bekerja dengan segala daya dan upayanya (Manulang , 2002).
Menurut The Liang Gie Cs. (Matutina dkk ,1993) bahwa pekerjaan yang dialakukan oleh seseorang manajer dalam memberikan inspirasi, semangat, dan dorongan kepada orang lain (pegawai) untuk mengambil tindakan-tindakan. Pemberian dorongan ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang-orang atau pegawai agar mereka bersemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimana dikehendaki dari orang tersebut. Oleh karena itu seorang manajer dituntut pengenalan atau pemahaman akan sifat dan karateristik pegawainya, suatu kebutuhan yang dilandasi oleh motiv dengan penguasaan manajer terhadap perilaku dan tindakan yang dibatasi oleh motiv, maka manajer dapat mempengaruhi bawahannya untuk bertindak sesuai dengan keinginan organisasi.
Menurut Martoyo (2000) motivasi pada dasarnya adalah proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan yang kita inginkan. Dengan kata lain adalah dorongan dari luar terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu. Dengan dorongan (driving force) disini dimaksudkan desakan yang alami untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan hidup, dan kecendrungan untuk mempertahankan hidup. Kunci yang terpenting untuk itu tak lain adalah pengertian yang mendalam tentang manusia.
Motivasi berasal dari motive atau dengan prakata bahasa latinnya, yaitu movere, yang berarti “mengerahkan”. Seperti yang dikatakan Liang Gie dalam bukunya Martoyo (2000) motive atau dorongan adalah suatu dorongan yang menjadi pangkal seseorang melakukan sesuatu atau bekerja. Seseorang yang sangat termotivasi, yaitu orang yang melaksanakan upaya substansial, guna menunjang tujuan-tujuan produksi kesatuan kerjanya, dan organisasi dimana ia bekerja. Seseorang yang tidak termotivasi, hanya memberikan upaya minimum dalam hal bekerja. Konsep motivasi, merupakan sebuah konsep penting studi tentang kinerja individual. Dengan demikian motivasi atau motivation berarti pemberian motiv, penimbulan motiv atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. Dapat juga dikatakan bahwa motivation adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu (Martoyo , 2000).
APAKAH TIM MANDIRI ITU ?
Suatu pendekatan baru dalam pengelolaan aktivitas kerja yang tidak mengandalkan penyelia/supervisor atau manajemen untuk membuat segala keputusan, adalah “tim mandiri”. Tim mandiri berbeda dengan kelompok kerja tradisional karena tim mandiri memanfaatkan bakat, keahlian, kemampuan, ide dan pengalaman dari ssemua anggota tim secara penuh. Dalam kelompok kerja tradisional, para anggotanya sering kali tidak memiliki kesempatan untuk mengungkapkan ide-ide mereka, karena biasanya manajemenlah yang membuat keputusan (walaupun anggota tahu lebih banyak tentang bagaimana cara melakukan suatu pekerjaan dengan lebih baik).
Pergesaran dan perubahan yang harus dihadapi sebuah kelompok kerja dan juga anggotanya dalam perjalanan untuk menjadi sebuah tim mandiri secara penuh.
Apa manfaat tim mandiri bagi Anda ?
Manfaat tersebut antara lain :
  1. Pekerjaan lebih bervariasi
Anggota tim mandiri tidak selalu mengerjakan pekerjaan yang sama setiap harinya. Anda dapat merotasi peranan, mungkin beberapa kali dalam satu hari. Hal ini akan membuat pekerjaan sehari-hari Anda menjadi lebih menarik.
2. Lebih banyak kebebasan untuk membuat dan menindaklanjuti keputusan yang benar
Sebagai anggota ssebuah tim mandiri, Anda dapat berpartisipasi dalam sebuah keputusan.
3. Meningkatkan kesempatan untuk mempelajari keahlian baru
Semakin banyak keahlian yang Anda miliki, Anda akan semakin berharga bagi perusahaan tempat Anda bekerja sekarang maupun yang akan datang.
Apa manfaat tim mandiri bagi organisasi Anda ?
Beberapa manfaat yang dapat dinikmati organisasi Anda setelah menerapkan tim mandiri antara lain:
  1. Meningkatnya komitmen karyawan terhadap keputusan yang diambil.
.Karyawan menjadi lebih bersemangat untuk mencapai keberhasilan suatu proyek bila mereka turut serta dalam menetukan arah tujuan proyek tersebut.
2. Meningkatnya produktivitas tim kerja.
Kualitas pekerjaan menjadi lebih baik. Lebih banyak pekerjaan yang selesai tepat waktu, dan bahkan kecepatan kerja meningkat.
3. Lebih fleksibel dalam operasional kerja.
Anggota tim mandiri cenderung berusaha saling mempelajari pekerjaan rekan-rekan mereka, karena mereka bersama-sama memikul tanggung jawab untuk mencapai hasil yang diharapkan.
SOAL dan JAWABAN
1. Apa yang dimaksud dengan Penghargaan Intrinsik ? Penghargaan Intrinsik adalah kepuasan pribadi yang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan.
2. Apa yang dimaksud dengan Penghargaan Ekstrinsik ? Penghargaan Ekstrinsik adalah suatu hal yang diberikan kepada anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik.
3. Sebutkan tingkatan Hierarki Kebutuhan Maslow ! Hierarki Kebutuhan Maslow, yang tingkatannya sebagai berikut :
A. Kebutuhan Fisiologis
B. Kebutuhan Keselamatan
C. Kebutuhan Harga Diri
D. Kebutuhan Aktualisasi Diri
4. Apa yang dimaksud dengan Pengayaan Pekerjaan ? Pengayaan Pekerjaan adalah strategi motivasional yang menekankan pemotivasian pekerja melalui pekerjaan itu sendiri.
5. Sebutkan 5 karakteristik yang mempengaruhi motivasi dan kinerja individual ! Lima karakteristik pekerjaan penting dalam mempengaruhi motivasi dan kinerja individual :
A. Variasi Keterampilan
B. Identitas Tugas
C. Arti Tugas
D. Otonomi
E. Umpan Balik
6. Apa fungsi dari Rotasi Pekerjaan ? Rotasi Pekerjaan juga membuat pekerjaan menjadi lebih baik, menarik, dan memotivasi dengan menggerakkan para karyawan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain.
7. Apa yang dimaksud dengan Teori Penentuan Tujuan ? Teori Penentuan Tujuan didasarkan pada pemikiran bahwa penentuan tujuan yang ambisius, tetapi dapat dicapai dan memotivasi pekerja dan meningkatkan kinerja apabila tujuan diterima, disertai dengan umpan balik, dan difasilitasi dengan kondisi organisasional.
8. Apa yang dimaksud dengan Teori Harapan ? Teori Harapan adalah harapan karyawan dapat memengaruhi motivasi satu individu.
9. Apa yang dimaksud dengan Teori Penguatan ? Teori Penguatan adalah pemikiran bahwa penguat positif dan negative memotivasi seseorang untuk berperilaku dalam cara – cara tertentu.
10. Apa yang dimaksud dengan Teori Keadilan ? Teori Keadilan adalah kaitan tentang persepsi keadilan dan bagaimana persepsi tersebut memengaruhi kesediaan karyawan untuk bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar